Selasa, 08 Desember 2009

Upacara Pemberangkatan Diklatsar XXI Mapala Pawitra






Selasa, 08 Desember 2009

Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Mapala Pawitra adalah syarat mutlak untuk menjadi seorang anggota, dengan kata lain masa perekrutan anggota baru. Seorang mahasiswa yang telah mendaftarkan diri disebut Calon Anggota (CA). Sebelum diterjunkan langsung dalam Diklatsar, CA harus melalui berbagai proses yang ketat.

Mapala Pawitra telah menghasilkan sembilan (9) CA dari 70 mahasiswa yang telah mendaftarkan diri untuk menjadi anggota Mapala Pawitra. Diakui banyak kalangan, tahun ini mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan di kampus ini cukup antusias untuk bergabung bersama organisasi kepecinta alaman ini. Dari 70 CA tersebut diseleksi kembali keaktifannya berdasarkan absensi kehadiran pada pertemuan rutin Pra Diklatsar XXI, dari seleksi pertama ini 20 CA dinyatakan lulus untuk mengikuti seleksi berikutnya.

Seleksi berikutnya adalah pembekalan materi keorganisasian dan kepecinta alaman serta latihan fisik, dari 20 CA hanya 12 yang lulus. Dan selanjutnya adalah tes tulis dan praktik yang telah diberikan saat pembekalan materi, dari seleksi ini hanya 10 dari 12 CA yang lulus, namun sayangnya seorang CA mengundurkan diri karena berbagai alasan yang telah diajukan.

Seleksi terakhir adalah tes kesehatan baik mental (melalui psyco test) maupun fisik (dengan melampirkan Surat Keterangan Sehat dari Dokter). Dan alhamdulillah semuanya dinyatakan lulus untuk diberangkatkan menempuh Diklatsar XXI di Kawasan Gunung Pringgondani, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur pada tanggal 08-13 Desember 2009.

Melalui tahap demi tahap yang sangat menguras tenaga dan pikiran ini, dari sembilan (9) CA ini diharapkan nantinya akan menjadi generasi penerus yang benar-benar tangguh dalam situasi dan kondisi apapun, mampu menjadi manusia yang berkualitas dan bermanfaat bagi organisasi, almamater, masyarakat maupun bangsa dan negara.

Dan akhirnya, upacara pemberangkatan Diklatsar XXI Mapala Pawitra Universitas PGRI Adi Buana Surabaya telah diresmikan oleh Bapak Drs. Widodo, ST, M.Kom pada jam 17.30 WIB, kemarin (7/12). Beliau juga berpesan dalam kesempatan ini bahwasanya “mahasiswa mempunyai empat (4) hak yang harus didapat selain hak memperoleh pendidikan di bangku kuliah, diantaranya hak berorganisasi, bidang penalaran, minat dan bakat, serta sosial dan keagamaan. Dan semuanya ada di UKM Mapala Pawitra”. Pernyataan Bapak Wakil Rektor III ini disertai tepuk tangan oleh peserta upacara, mulai dari CA, Pengurus maupun Dewan Senior yang hadir.

Setelah upacara selesai, seperti tahun-tahun sebelumnya yang sudah menjadi tradisi di UKM Mapala Pawitra yaitu long march dari Kampus I Ngagel Dadi menuju Kampus II Dukuh Menanggal. Setelah tiba di Kampus II Dukuh Menanggal, CA dikarantina untuk memperoleh review materi dan pembekalan lainnya. Salam lestari!!

2 komentar:

Berilah komentar pada masing-masing tulisan. Komentar anda sangat berharga dan dihargai.